Citigroup Inc. Layanan Keuangan Amerika dan Bank Investasi Multinasional

Citigroup Inc. adalah layanan keuangan Amerika dan bank investasi multinasional yang berkantor pusat di New York City. Perusahaan ini didirikan melalui penggabungan tahun 1998 dari Travelers Group dan Citicorp. Pada tahun 2002, yang terakhir dipisahkan. Saat ini, Citigroup mempekerjakan lebih dari 83.000 orang di seluruh dunia. Perusahaan ini menawarkan berbagai produk keuangan, termasuk kartu kredit dan hipotek. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web perusahaan. Saat ini ada empat cabang utama perusahaan di Amerika Serikat.

Citigroup saat ini dipimpin oleh Jane Fraser, seorang eksekutif perbankan Skotlandia-Amerika. Dia sebelumnya adalah presiden perusahaan dan chief executive officer Global Consumer Banking. Dia menempuh pendidikan di Girton College di Cambridge dan menghabiskan 10 tahun di McKinsey & Company sebelum bergabung dengan Citigroup pada tahun 2004. Dia dipromosikan beberapa kali, menduduki empat posisi CEO. Pada tahun 2014, ia dinobatkan sebagai salah satu “Wanita Paling Berpengaruh di Dunia dalam Bisnis” oleh Fortune. Pada tahun 2015, ia terpilih sebagai salah satu dari “Wanita Nomor 1 yang Harus Diperhatikan” oleh American Banker.

Sementara Asia dan Amerika Latin tumbuh dengan cepat, jejak global Citigroup tetap sederhana. Eropa Barat adalah salah satu pasar terlemah perusahaan. Selain AS, ini adalah pasar terbesar perusahaan di Timur Tengah dan Afrika. Di Eropa Barat, Citi nyaris tidak mendaftar. Pasar terbesarnya adalah Rusia, Prancis, dan Polandia. Bahkan di pasar ini, Citi adalah pemain kecil. Alasan utamanya adalah karena pangsa pasar perbankan Citi relatif kecil dibandingkan dengan perusahaan lain.

Citigroup Inc.

Citigroup Inc.

Meskipun menjadi bank terbesar ketiga di AS, Citigroup adalah salah satu bank paling menguntungkan di dunia, dengan pendapatan $16 miliar pada Q1 2020. Meskipun perusahaan didominasi oleh perusahaan besar, ia memiliki pengaruh politik yang kuat dan kekuatan pasar yang kuat di beberapa negara. Akibatnya, ia memiliki pengaruh besar yang tidak proporsional terhadap kebijakan pemerintah daerah. Di beberapa wilayah, bank adalah satu-satunya perusahaan swasta dengan jejak global.

Di Eropa, Citigroup terus mendominasi pasar. Perusahaan ini adalah bank terbesar di Polandia dan memiliki cabang di Uni Emirat Arab. Tetapi di Amerika Latin, saldo pinjaman rata-rata lebih tinggi. Di Asia, perusahaan memiliki kehadiran yang kuat di perbankan sekuritas, dan di Asia, jumlah konsumen terbesar ada di Cina. Ini adalah pemain utama di Asia dan merupakan pesaing utama di banyak pasar Eropa. Di Timur Tengah, Citi adalah kekuatan dominan, tetapi belum mencapai dominasi global.

Meskipun perusahaan memiliki kehadiran global yang besar, itu masih dianggap sebagai bank “terlalu besar untuk gagal”. Ini dianggap sebagai bank yang penting secara sistemik oleh Dewan Stabilitas Keuangan. Ini adalah salah satu dari sembilan bank investasi global di Bulge Bracket. Keuntungannya didasarkan pada ukuran portofolio pinjamannya, yang merupakan hasil dari ketergantungan perusahaan pada investasi berisiko. Dengan ini, perusahaan adalah kekuatan yang kuat dalam industri.

Dalam hal pangsa pasar, kehadiran Citigroup kecil di Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin. Pasar terbesarnya di wilayah ini adalah Polandia dan Rusia. Pasar terbesarnya di Eropa Barat termasuk Prancis dan Uni Emirat Arab, dan hanya sejumlah kecil negara. Artinya, pangsa perusahaan di industri perbankan sangat tinggi dan pengaruh politiknya luas. Ini dapat bermanfaat bagi investor yang mencari lembaga keuangan yang andal dan stabil.

Sementara Eropa dan Amerika Latin adalah pasar besar bagi Citi, hal itu tidak sepenting kawasan lain. Faktanya, perusahaan tidak melakukan bisnis di Timur Tengah dan Afrika. Pasar terbesarnya adalah Prancis dan Rusia. Kedua wilayah ini sebagian besar bukan faktor bagi Citi. Namun, itu memang memiliki pengaruh yang lebih luas di kedua negara. Jadi, itu masih merupakan perusahaan yang sangat menguntungkan dan berpengaruh. Pendapatannya di wilayah ini tumbuh lebih cepat daripada rata-rata di semua bagian lain dunia.

Sebagai lembaga keuangan terbesar di Amerika Latin, Citigroup memiliki eksposur yang besar terhadap hipotek bermasalah. Hipotek ini adalah kewajiban hutang yang dijaminkan. Manajemen risiko perusahaan salah dan krisis subprime mortgage pada tahun 2007 menyebabkannya gagal. Kepala perdagangannya, Thomas Maheras, dan pejabat risiko seniornya, David Bushnell, adalah teman dekat, dan hubungan ini merusak pengawasan mereka. Selain itu, hubungan ini juga merupakan faktor utama dalam merger Travellers dan Citicorp yang terkenal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.